index='x'>

Minggu, 13 Agustus 2017

Cara Setting Karburator Sepeda Motor

Cara stel karburator motor


Assalamualaikum...
Kali ini ane mau share mengenai cara setting karburator sepeda motor, karena settingan karburator ini sangat menentukan kinerja mesin sepeda motor kita. Tidak jarang kita mengalami kendala pada saat berkendara terasa motor tidak bertenaga, dibuka gas eeh..bukannya kenceng, malah mesin motor seolah tertahan, atau mbrebet atau ngempos kosong. 
Nah..nah.. ada apa yang terjadi gerangan? Kadang kita berasumsi masalah penyebabnya adalah mesin, tapi tunggu dulu gan.. ya memang pada akhirya mesin yang mengalami gangguannya tapi sebagai penyebab utamanya bisa juga masalah pada karburator.

Beberapa hal yang yang harus diperhatikan pada karburator yaitu:


Kebersihan filter udara 
Kebersihan pada filter ini menetukan kualitas udara yang nantinya tercampur dengan bensin, jika filter bersih maka udara yang masuk pun bersih tapi apabila filter kotor maka udara yang masuk pun kotor lagi pula dengan banyaknya debu yang menempel pada filter akan meyumbat aliran udara yang masuk.


Kebersihan karburator
Seberapa sering kita merawat karburator, karena apabila dibiarkan tanpa adanya perawatan servis yang periodik maka lama kelamaan karburator akan mengalami penyumbatan pada jalur-jalur saluran didalamnya. Kualitas bensin pun menjadi penyebab penyumbatan didalamnya.



Karburator Vakum

Karburator reguler





Ok.. sekarang kita bahas cara setting karburator itu sendiri, langkah-langkahnya adalah:

  1. Hidupkan motor dan biarkan dalam posisi idle sekitar beberapa saat sampai mesin agak panas.
  2. Putar baud setelan langsam sampai putaran mesin meninggi dan biarkan pada posisi itu.
  3. Putar baud setelan udara/angin searah putaran jam (kekanan) sampai mesin terasa (berat) tapi tidak sampai mati ya..,
  4. Putar balik baud setelan angin berlawanan jarum jam (kekiri) sampai putaran mesin meninggi kembali.
  5. Sambil memutar kearah kiri setelan udara, maka cari dan rasakan putaran mesin tertinggi sampai dengan menemui putaran kembali menurun.
  6. Putar balik kembali baud setelan angin kearah kanan (searah jarum jam) sekitar seperempat putaran yaitu pada puncak putaran mesin tertinggi tadi.
  7. Kembalikan baud setelan bensin kearah kanan (arah jarum jam) sehingga sampai pada langsam normal idle. Pada settingan idle ini usahakan langsam jangan terlalu rendah dan jangan pula terlalu tinggi/rapat, karena:
* Apabila terlalu rendah menyebabkan mesin akan sulit hidup ketika dalam keadaan dingin, terutama saat pagi hari waktu pertama kali dinyalakan, selain itu apabila langsam terlalu rendah tekanan oli yang akan dikirimkan kebagian head pun kurang maksimal. 
* Apabila terlalu tinggi/rapat menyebabkan kasar pada saat perpindahan gigi transmisi, selain itu akan membuat boros bensin. 

Perlu diingat bahwa pada saat penyetelan karburator, kondisi dari karburator dan filter udara sebaiknya dalam keadaan bersih dan jangan lupa periksa juga kualitas api busi harus dalam keadaan normal yaa..Demikian bagaimana cara ane setting karbu motor ane sendiri, semoga bermanfaat... 

Terimakasih.




0 komentar:

Posting Komentar