index='x'>

Senin, 23 Juli 2018

Penyebab bunga es pada pipa AC

Selamat datang di https://slawbatsur.blogspot.com


Assalamualaikum..
Sebenarnya banyak permasalahan yang sering kita temui pada perangkat AC diantaranya adalah adanya bunga es pada pipa AC , baik AC berkapasitas besar maupun kecil, baik AC gedung AC rumahan, mau jenis AC split dinding, AC plafon, atau AC presisi sekalipun pun tetep saja sama. Terlepas dari ukuran besar ataupun kecil pada prinsip hasil kerjanya sama saja, toh yang hasilkannya adalah udara dingin juga..wkwkwk

Kali ini saya mau bagi pengalaman yang sedikit banyak memuin kasus-kasus yang sering ditemukan pada unit AC.

Salahsatunya permasalahan itu adalah adanya es yang terdapat pada pipa, baik berupa bunga es putih ataupun es yang bening yang keras. Keadaan seperti ini kadang ga kita sadari karena AC masih terasa dingin, akan tetapi sebenarnya ada sesuatu yang ga beres tuh.. 
Kondisi ini kalo didunia per-ACan bilang sih sering diistilahkan "frozen", ya artinya.. sama aja "beku" biar agak keren aja..wkwkckck..  Frozen juga bisa terjadi pada koil evaporator indoor unit dan kadang saking banyaknya bunga es sehingga blower fan-nya ga bisa berputar karena terhalang  es dan andaikan bisa berputar pun suaranya berisik karena bersinggungan dengan si bunga es-nya.









Nah kalo sudah frozen kayak gini sudah pasti si AC ga mau tuh diajak ke suhu dingin maksimal, contohnya pada remote AC kita seting paling dingin sekalipun ga bakalan sampai sesuai harapan. Pada saat frozen, ini terjadi karena berkurangnya volume cairan freon pada unit sehingga tekanannyapun tidak sesuai daripada standard nya.




Berkurangnya volume refrigeran secara otomatis akan berdampak berkurang terhadap tekanannya, dan hal ini mengindikasikan adanya kebocoran pada pipa.Melakukan penambahan refrigeran tanpa melakukan pemeriksaan kebocoran yang terjadi merupakan tindakan yang sia-sia dan hanya menjadi solusi sesaat saja, karena pada akhirnya kasus frozen ini akan terulang lagi. 
 
Untuk pengecekan kebocoran pada installasi pipa, kita bisa melokalisasi menjadi 3 bagian area,  yaitu:
  1. Installasi pipa penghubung antara indoor unit dengan outdoor unit.
  2. Installasi pipa pada indoor unit, yaitu pipa koil evaporator.
  3. Installasi pipa pada outdoor unit, yaitu pipa koil kondensor.

Dalam pengecekan kebocoran ini semua area installasi pipa berberpotensi terjadinya kebocoran apalagi dengan sudah lamanya usia perangkat AC, terutama pada area sambungan-sambungan, baik sambungan pengelasan atau sambungan nepel yang longgar atau mungkin juga dari flaringan yang pecah.Untuk penanggulangan kebocoran pada pipa dengan sambungan pengelasan anda bisa baca cara sambung pipa AC







Langkah yang harus dilakukan yaitu: 

1  Hidupkan unit seperti biasa coba cek tekanan/pressure dengan gunakan analyser manifold pada port low pressure-nya, contohnya: apabila jenis freon nya R22 mempunyai tekanan normalnya yaitu 75 psi, tapi saat kita cek ternyata tekanannya berada dibawah 50 psi dan yang sering ane jumpai sih kisaran antara 45 psi kebawah maka bisa dipastikan terjadi bunga es atau bahkan es beku, dan keadaan itu sudah dipastikan bahwa unit AC kekurangan cairan freon. Ini terjadi disebabkan adanya kebocoran pada instalasi pipa, coba periksa kemungkinan kebocorannya pada sambungan mur nepel baik pada sambungan mur nepel yang di indoor maupun yang di outdoor nya. Atau kebocoran juga bisa terjadi pada bagian outdoor yaitu pada pentil low atau high pressure-nya, atau pada kran penutup baik di low atau high  pressure-nya.Gunakan air busa sabun untuk pengecekan kebocorannya atau lebih keren lagi kalo agan punya leak detector buat ngecek kebocorannya. Apabila benar terjadi kebocoran sekecil apapun maka segera tangani sampai tuntas, dan pastikan kembali bahwa tidak ada kebocoran diseluruh saluran pipa.

2   Lakukan pemakuman, pasang selang warna biru pada port pentil pengisian dan selang warna kuning pada mesin vacuum, lalu buka kran analyser manifold yang bagian warna biru terbuka penuh dan hidupkan mesin sampai angka pada analyser manifold menunjukkan -30psi, lakukan sekitar 30 menit dan setelah itu coba deh agan tutup kran analyser selang warna biru nya dan matikan mesin vakum, kalo jarum pada analyser tidak bergerak naik maka sudah tidak terjadi kebocoran, akan tetapi apabila jarum bergerak naik maka kebocoran masih ada, sehingga agan harus mengulangi pemeriksaan kebocorannya dari awal lagi sampai tidak ada kebocoran lagi.

3    Isi kembali cairan gas freon pada unit sampai pada tekanan yang diperlukan oleh unit. 
Untuk langkah pengisian freon silahkan baca cara pengisian freon AC.
Setelah langkah diatas selesai maka cek kembali tekanan pada analyser manifold, apabila tekanannya stabil maka sudah bisa dipastikan masalah sudah bisa teratasi. 

  • Dibeberapa kasus munculnya bunga es ini disebabkan oleh terjadinya kebuntuan/ mampetnya pada bagian ekspansi atau pipa kapiler.
  • Penyebab lain dari frozen juga bisa diakibatkan dari terlalu kotornya evaporator indoor unit.

Mudah-mudahan dengan tulisan ini mejadi solusi dari masalah yang agan-agan hadapi ketika mengalami kasus "frozen" seperti yang telah saya ulas diatas. 
Terimakasih atas kunjungannya. 
Semoga bermanfaat !! 

Wassallam,

13 komentar:

  1. Terimakasih ilmunya sangat bermanfaat dan membantu menyelesaikan masalah

    BalasHapus
  2. thanks informasinya gan..sukses selalu
    salam dingin

    BalasHapus
  3. Mau tanya gan,, kalau pada pipa ac ada oli nya apa bisa timbul bunga es juga ga ? Thanxs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo terdapat oli yang bercampur dengan freon bisa menyebabkan mampet dan mengendap pada saluran pipa, ini terjadi krn kebocoran pada komponen kompresor sehingga olinya ikut masuk dan bercampur dengan freon. setahu ane sih tidak menyebabkan frozen gan.. yg dikhawatirkan akan terjadi mampet pada pipa kapilernya dan AC agan ga bakalan dingin maksimal. Langkah yg hrs dilakukan adalah flushing.
      Thx sdh berkunjung gan...

      Hapus
  4. https://jejakpakmantap.blogspot.com/2020/10/panjang-maksimal-pemasangan-pipa-ac.html

    BalasHapus
  5. Mau nanya gan, kalo pipa kecil bersalju saat baru dinyalakan tapi hilang 1-2 menit dan kipas kompresor tidak hangat, tapi ac dingin normal.. itu kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo diperhatikan dari masalahnya ada beberapa kemungkinan yg terjadi gan..
      1. Pipa tertekuk (tapi tidak sampai menyumbat total saluran freon) ini biasa terjadi pada saat pemasangan instalasi pada saat bending pipa.
      2. Ada penyumbatan pada saluran kapiler.
      3. Ada kebocoran halus pada bag.indoor atau outdoor. Cek bag. sambungan nepel atau pentil dengan air sabun.
      Normalnya pada saat kondensor berkerja, fan menghembuskan angin hangat yg mengindikasikan unit bekerja dengan baik.
      Mudah-mudahan bisa membantu.. thx.

      Hapus
  6. Mau tanya gan, waktu pemasangan terjadi kebocoran di sambungan pipa kecil outdoor karena flaring yg tdk bagus (pecah) sehingga harus di flaring ulang (gejala ada es di ujung pipa kecil), akan tetapi freon (R32) berkurang banyak dan sudah ditambah dengan tekanan yang sesuai dan tidak ada lg es dipipa kecil, yg jd pertanyaan saya ini kenapa tidak di vakum ulang ya sama tukangnya, apakah tdk akan bermasalah kedepannya?alasan tukang karena pipa kecil ini mendorong jd tdk perlu vakum ulang, trimakasih sebelumnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langkah yang dilakukan dalam menanggulangi masalahnya dengan mem-flaring ulang bag. Flaring yg sebelumnya pecah sudah benar. Apabila sdh dipastikan tidak ada lagi kebocoran maka bisa dilakukan penambahan freon,
      memang pada bag.pipa kecil ini mempunyai tekanan yg lebih tinggi drpd pipa yg besar, apabila volume freon pada unit masih ada dan tanpa melakukan pemakuman pun tidak masalah,tetapi dengan melakukan langkah pemakuman hasilnya akan lebih maksimal sekaligus bisa membuang adanya potensi udara/angin yg terjebak pada pipa.
      Mudah-mudahan membantu.. thx.

      Hapus
  7. Mau nanya gan.. Ac ana daikin 1/2pk pemakaian baru 18bulan tpi sudah ad bunga es di pipa outdoor..Dingin'y juga dibawah normal..Tekanan freon 50psi...kira2 kebocoran dibagian mana yaa? Thx🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk cek kebocoran cek dgn busa sabun bisa dimulai dari pentil pengisian, apabila pentil tdk terdapat kebocoran bisa dicek di two ways atw three ways yaitu pada bag.Kunci L karena pada bag.ini sering jg terdapat rembesan kebocoran. Dan cek jg pada bag.joint nepel penghubung pipa ke kondensor outdoor unit. Kebocoranjg bisa pada joint nepel pada indoor unit yg terdapat pada bag.belakang unit indoor

      Hapus