index='x'>

Senin, 31 Oktober 2016

Komponen kelistrikan sepeda motor



Assalamualikum...
Ok masbrow..kali ini ane akan bahas sekelumit tentang komponen-komponen kelistrikan pada sepeda motor. Selain secara mekanikal sepeda motor tentunya dilengkapi juga dengan sistem elektrikal, dimana peranannya sangat penting bingitz..heu   
Artinya..hidup atau tidaknya sepeda motor selain dipengaruhi oleh performa mesin yang baik, dipengaruhi juga oleh performa elektrikal atau system kelistrikan yang baik pula. 
Komponen kelistrikan yang ada pada sepeda motor yang masbrow harus fahami dan ketahui diantaranya sbb:


1. Generator/Alternator
Adalah merupakan komponen yang berfungsi sebagai penghasil listrik, hasil induksi yang terjadi antara kumparan/lilitan kawat dengan putaran magnet dan seterusnya akan menyuplai seluruh komponen kelistrikan yang ada. Tegangan yang dihasilkan dari generator adalah tegangan arus bolakbalik (AC).
Kerusakan pada generator biasanya telah short, secara fisik akan terlihat hitam atau gosong pada lilitan kawat email, atau diakibatkan telah terkikisnya lapisan pelindung email nya.


contoh spul generator
                               


2. Sensor Pulser
Pulser fungsinya adalah penentu timing pengapian pada mesin. Sebelumnya memang diinputkan dulu ke CDI -> Koil -> Busi (pada kendaraan ber-ECU, fungsi CDI digantikan oleh ECU tersebut).
Dengan menggeser memajukan atau memundurkan secara anguler posisi pulser akan menyebabkan pengapian yang dihasilkan juga lebih maju atau lebih mundur.
Masalah pada komponen pulser sering terjadi mati begitu saja, namun komponen tersebut memiliki tanda-tanda ketika fungsinya bermasalah. Hal tersebut bisa masbrow ketahui ketika membawa motor dengan kecepatan tinggi, sama seperti busi yang akan mengalami rusak atau mati. Jika agan menemui kondisi seperti itu, pertama ganti terlebih dahulu busi pada motor untuk memastikannya apakah penyebabnya pada busi, atau bisa saja CDI yang sudah lemah.
           
           
                         

contoh jenis pulser
                                 

3. Kiprok/rectifier

Fungsi dari kiprok/rectifier adalah sebagai penyearah tegangan dari arus ac/bolak-balik (yang dihasilkan koil generator/alternator) menjadi arus dc/searah.
Dimana hasil penyearahan tegangan  yang selanjutnya menyuplai ke komponen lainnya.Ciri-ciri kerusakan pada kiprok biasanya ditandai dengan rusaknya secara fisik, atau apabila masbrow mengecek output dari kiprok dengan menggunakan multimeter maka tegangan yang dihasilkan overcurrent atau tidak ada sama sekali.
Kiprok juga betugas sebagai regulator charger battery/aki.



contoh jenis rectifier/kiprok
              
                                                    



4. CDI

Adalah sebuah otak dari fungsi pengapian, peranannya sebagai pengatur timing pengapian, dimana pulser sebagai komponen pendukungnya yang memberikan input ke cdi dan diteruskan menuju koil dan busi. Generasi terbaru dari cdi adalah ecu yang lebih terintegrasi dan peranannya lebih sentral.Ciri kerusakan cdi biasanya terdeteksi dengan tidak keluarnya output arus yang akan dikirimkan menujukoil dengan menggunakan multitester.                  




contoh jenis CDI
                 
                                                                           
5. Koil

Fungsi dari koil adalah sebagai penguat tegangan arus yang dikirimkan dari cdi, sebagaimana fungsinya..koil didalamnya adalah sebuah kumparan/lilitan yang mana hasil dari kumparan tsb memperbesar arus tegangan yang akan dikirimkan kepada busi.
                       
             

contoh jenis koil 
                                                   



6. Busi/Sparkplug

Busi merupakan komponen akhir dari proses pengapian yang berujung diproses pembakaran, baik atau tidaknya proses pembakaran tergantung dari kualitas dari busi itu sendiri. Saat ini telah banyak generasi-generasi busi yang mempunyai kualitas yang baik.

                                                       

contoh jenis busi

                                                       
                                                         
7. Flasher

Fungsi komponen ini adalah sebagai komponen sistem alarm. Saat sepeda motor akan berbelok kekiri atau kanan sebelumnya kita menggeser switch tombol sesuai arah yang kita maksud, maka saat itu pula flasher mengirimkan perintah kepada lampu sein untuk berkedip-kedip.
                       

contoh jenis flasher

                                 

8. Relay bendix

Fungsinya sebagai penghubung dan pemutus arus yang diperintahkan dari tombol elektrik starter untuk menyambungkan arus dari aki/accu menuju motor starter untuk memutarkan poros engkol mesin. Relay bendix didalamnya konstruksinya terdapat lilitan/kumparan kawat tembaga, per/pegas, dan lempeng tembaga sebagai contact point.
Ciri kerusakannya biasanya yang sering terjadi adalah pada bagian dalam tembaga contact point-nya yang sudah terkikis atau hancur sehingga arus dari accu/aki tidak bisa dialirkan menuju motor starter, ciri lainnya sudah terjadinya short pada lilitannya.
                       



contoh relay bendix
                 
                                                           

Itulah sekelumit mengenai beberapa komponen elektrik sepeda motor, terutama bagi masbrow yang baru mempelajari sepeda motor, semoga artikel ini membantu dan bermanfaat..
Terimakasih.
Wassallam,

2 komentar: