index='x'>

Selasa, 18 Oktober 2016

Cara vakum ac split tanpa menggunakan mesin vakum (vacuum body)



Vakum Body (kompressor) 

Periksa dan pastikan terlebih dahulu apakah kompresor yang telah di pasang tidak mengalami kebuntuan (mampet), check high pressure dan low pressure nya. Setelah di pastikan kompresor AC yang telah terpasang berfungsi dengan baik maka kita sambung outdoor unit dengan pipa AC ke treeway valve kecil maupun besar. Persiapkan Tabung  freon yg sesuai dengan jenis ac untuk pengisian freon biasanya R22 dan R410a, sebelum freon di isi lakukan pemakuman kompresor dengan mesin vakum atau kita bisa juga dengan melakukan pemakuman secara manual atau disebut juga vakum body, tapi ingat..vakum body hanya dilakukan untuk AC split ukuran 1/2 PK ~ 2 PKjika Ac di atas 2PK gunakan mesin vakum untuk hasil yang optimal.


Cara vakum body (vakum kompresor) sbb:
1 Pasang selang warna biru pada pentil pengisian freon dan selang warna kuning pada tabung freon (pastikan posisi kedua kran biru dan merah manifold tertutup rapat). 
Buka penutup kran nepel (pipa besar) yg ada pada samping kanan kran nepel outdoor unit dengan menggunakan kunci inggris. 
Masukan kunci L pada kran (bagian pipa besar) dan putar kekanan (posisi klep nepel sampai tertutup rapat). 
Hidupkan AC split dan tunggu sampai outdoor mendapat supply listrik dari indoor unit. 
Setelah outdoor unit beroperasi, lepaskan selang warna biru dari manifold, angin/udara yang berada pada pipa dan kompresor akan keluar dari ujung selang warna biru dan tunggu sampai angin tidak keluar lagi (habis) 
Setelah tidak ada angin yang keluar dari ujung selang warna biru, segera pasang kembali ujung selang warna biru ke manifold, lalu putar ke kiri kunci L yg berada pada kran nepel 3/8 (yaitu posisi kran nepel terbuka penuh). 
7 Isi freon dengan memutar kran manifold warna biru kearah kiri sambil melihat jarum manifold untuk memastikan berapa freon yg sudah masuk kedalam sistem pendingin/ac split. Sebaiknya pada saat pengisian freon kita lakukan secara bertahap dan jangan sekaligus dalam waktu singkat, maksunya supaya tidak merusak komponen klep pada kompresor. 


Apabila kita akan melakukan pemakuman AC split dengan menggunakan mesin vakum usahakan jarum pada manifold gauge menunjuk pada angka minus 30 (-30)  dan waktu yg diperlukan kurang lebih sekitar 30 menit pemakuman.Perlu diketahui juga bahwa tentunya langkah paling efektif dan lebih optimal yaitu dilakukan pemakuman menggunakan mesin vakum.

Semoga bermanfaat..



4 komentar:

  1. York 1hp gas R410a boleh vakium body kh? Mohon penjelasan.

    BalasHapus
  2. Kalau vakium body,gas yang d dalam compressor tidak habis kah?

    BalasHapus
  3. Buat kapasitas dibawah 2PK langkah vaccum body msh bs dilakukan, asal langkah-langkah nya seperti yg sdh dibahas diatas. Tentu saja freon akan ada yang terbuang tetapi tidak banyak, keluarnya freon mengindikasikan bahwa udara yang ada dlm pipa sdh terdorong habis oleh tekanan freon nya.

    BalasHapus