index='x'>

Sabtu, 01 Desember 2018

Cara Flushing pipa AC



Cara Flushing AC Split
Flushing merupakan salah satu langkah sebagai jalan keluar yang dilakukan ketika pipa pada unit AC mengalami kebuntuan atau mampet, baik kebuntuan yang terjadi pada jalur pipa yang menghubungkan antara indoor unit dengan outdoor unit atau kebuntuan pada jalur pipa pada bagian outdoor unit yaitu pada jalur kondensor .Jadi bisa kita simpulkan bahwa kebuntuan ini bisa terjadi pada dua bagian lokasi, yaitu:
  1. Buntu/mampet pada pipa penghubung antara indoor unit dengan outdoor.
  2. Buntu/mampet pada pipa instalasi outdoor unit atau pada pipa kondensor.
Kebuntuan atau mampetnya yang terjadi pada pipa dikarenakan oleh beberapa penyebab, antara lain:


  • Oli pelumas kompresor yang ikut masuk kedalam saluran pipa bersama dengan freon dan mengendap didalam pipa.
  • Kotoran sisa pengelasan juga sering ditemui apabila pada saat instalasi awal pemasangan pernah melakukan penyambungan dengan pengelasan.


Kebuntuan yang terjadi pada instalasi pipa ini menyebabkan aliran proses sirkulasi refrigeran menjadi tidak teratur sehingga kerja kompresor menjadi terganggu, biasanya ditandai dengan overcurrent (arus/ampere berlebih) dan menyebabkan kompresor gagal untuk bekerja dan kondisi ini juga bisa merusak kompresor itu sendiri.Jika oli pelumas kompresor ikut masuk kedalam aliran refrigeran bisa saja kompresor tetap bekerja akan tetapi kompresor akan cepat panas.




Ok.. sekarang kita akan langsung kelangkah proses flushing pipa indoor unit dan outdoor unit, langkah-langkahnya sbb: 

1. Flushing pipa penghubung antara indoor unit dengan outdoor unit.
  1. Tutup rapat kedua kran saluran refrigeran baik yang bagian low juga high pressure-nya dengan menggunakan kunci L (ukuran kunci bisa disesuaikan).
  2. Lepaskan mur nepel pipa besar (pipa low press) sehingga tidak terhubung dengan bagian outdoor unit.
  3. Pasang manifold.




  • Hubungakan selang warna kuning pada pentil pipa high press yaitu pada pipa bagian kecil.
  • Hubungkan selang biru pada tabung cairan pembilas yaitu jenis cairan R11 untuk mengangkat oli ataupun kotoran yang mengendap didalam pipa.
  • Hubungkan selang warna merah pada tabung freon sesuai jenis refrigeran apakah R22, R32, R410, atau jenis yang lainnya. 
  •  Mulai proses flushing (pembilasan).....
    • Buka penuh kran tabung R11 dan lanjukan dengan membuka kran selang warna biru pada manifold supaya cairan R11 masuk kedalam pipa, apabila telah dirasa cukup lalu tutup kembali kran selang warna biru pada manifold.
    • Buka penuh kran pada tabung freon R22, R32, atau lainnya sesuai jenis yang diperlukan AC, lanjutkan dengan membuka kran selang warna merah pada manifold supaya freon masuk dan mendorong R11 yang tadi telah masuk dan tutup kembali kran pada manifold nya.

    perlu diingat...
    * Pada saat freon dimasukkan sebaiknya tahan kuat pipa yang berukuran besar dengan tangan, ini dimaksudkan untuk memberikan tekanan yang besar dari desakan freon untuk mendorong R11 dan lepaskan, maka oli, dan kotoran pada pipa akan terdorong keluar oleh freon. 
    * Lakukan langkah ini secara berulang sampai dirasa pipa sudah bersih dari oli dan kotoran.

    2. Flushing outdoor unit pipa kondensor 
    Potong kedua pipa yang besar dan kecil yang menuju kompresor, hal ini dimaksudkan supaya menghindari R11 masuk kedalam kompresor.Adapun langkah flushingnya sama dengan langkah flushing diatas.Kebuntuan pada bagian outdoor unit ini sering terjadi pada bagian pipa kapiler (pipa paling kecil) dan pada bagian stainer dryer (penyaring), alangkah baiknya kedua bagian ini dilakukan penggantian.
    Demikian langkah proses flushing yang dapat saya sampaikan semoga menambah pengetahuan kita mengenai seluk-beluk permasalahan pada sistem pendingin.


    Terimakasih telah berkunjung...





    0 komentar:

    Posting Komentar