index='x'>

Senin, 07 Agustus 2017

Kerusakan Pada Sistem AC


Kerusakan yang terjadi pada perangkat AC memang sangat banyak kemungkinan sebagai penyebabnya, secara mendasar pada kerusakan tersebut diantaranya dibagi menjadi:

- Kerusakan pada fungsi elektronik
- Kerusakan pada fungsi mekanik

Kerusakan pada bagian elektronik 

Pada bagian indoor unit terdapat sirkuit modul yang merupakan terdiri dari rangkaian komponen elektronik, mungkin saja salah satu komponen saja yang rusak sehingga mengganggu aktifitas komponen yang lainnya sehingga secara keseluruhan fungsinya menjadi terganggu/error. Pada bagian outdoor unit pun dalam beberapa type AC ada terdapat sirkuit modul ini, seperti pada jenis AC Split inverter dan AC plafon (kaset). Penunjukan kerusakan pada beberapa jenis AC ini memang sudah agak memudahkan dalam menganalisa kerusakan yang terjadi, karena pada sirkuitnya akan mengirimkan sinyal trouble/error yang ditampilkan dengan kedipan lampu-lampu led indikator yang ada dimodul sirkuit itu sendiri. Tapi pada jenis AC split biasa sistem alarm akan dikirimkan hanya pada indikator led pada bagian indoor unit saja karena pada bagian outdoor nya tidak terdapat modul.
Memang untuk mengatasi masalah yang terjadi pada rangkaian elektronik ini membutuhkan pengetahuan mengenai elektronika yang baik, sehingga analisa dari kerusakan komponen manakah yang harus diperbaiki atau diganti tepat sasaran. Atau langkah terakhirnya mengganti modul yang baru.



Kerusakan pada bagian mekanik

Pada bagian AC ada beberapa komponen yang bekerja secara mekanis diantaranya seperti motor kipas/fan dan kompresor. Pada bagian-bagian yang sering terjadi kerusakan adalah pada bagian lilitan kawat emailnya yang terbakar sehingga siklus kerja perangkat AC gagal bekerja.
Pada motor kipas sering juga ditemui kerusakan pada bearing/laher yang sudah macet karena telah keringnya pelumasan atau grease/gemuk yang berada didalamnya telah habis dan menyebabkan beratnya putaran yang dibebankan kepada motor sehingga pada akhirnya lilitan terbakar.
Kerusakan pada bagian kompresor bisa saja selain karena usia dari perangkat AC itu sendiri yang sudah lama bisa juga disebabkan oleh faktor-faktor penyebab yang lainnya seperti volume dari oli pelumas didalamnya telah habis disebabkan adanya kebocoran pada klep/valve kompresor, maka langkah yang harus dilakukan yaitu mengganti kompresor dengan yang baru.







0 komentar:

Posting Komentar