index='x'>

Selasa, 01 Agustus 2017

Penyebab Motor Boros dan tidak Bertenaga



Penyebab Motor Boros dan tidak Bertenaga
Kendaraan merupakan sarana yang penting sekali saat ini, salah satunya adalah sepeda motor dan menjadi transportasi favorit. Selain daripada fungsinya sepeda motor juga sarana transportasi yang efektif waktu, terutama di kota-kota besar yang syarat dengan kemacetan, maka sepeda motor-lah yang menjadi solusinya terutama di jalan raya dalam kota. Akan
tetapi semua itu akan terasa mengganggu apabila pada sepeda motor yang kita gunakan mengalami gangguan sehingga kita tidak measa nyaman saat mengendarainya.

Beberapa masalah yang sering terjadi ketika kita mengendarai motor terasa berat saat di gas dan ketika membuka gas motor tidak mau kencang malahan mesin seperti tertahan tidak bertenaga, atau motor tersendat dan terasa nge-plos saat gas, mberebet, atau gejala lain sebagainya.
Dari bermacam-macam kasus diatas, kali ini kita akan membahas mengenai penyebab permasalahannya. 
Pada saat terjadi masalah yang terjadi diatas, maka penyebabnya antara lain :
  • Kotornya air filter atau saringan udara.
  • Kotornya bagian dalam karburator.
  • Settingan karbu yang tidak tepat.
  • Settingan klep yang tidak tepat.
  • Kopling bermasalah.

Kotornya air filter atau saringan udara Kotornya filter udara menyebabkan aliran udara masuk menjadi miskin sehingga yang diperlukan pada saat proses pengkabutan tidak sempurna, selain itu pula dengan kondisi kotornya filter ini udara yang dihasilkan pun menjadi kotor, padahal kualitas udara yang dibutuhkan pada proses pengkabutan adalah udara yang bersih, dan hal ini pun sebagai penyebab terjadinya penyumbatan saluran pada bagian dalam karburator. Hal yang harus dilakukan yaitu segera membersihkannya atau apabila kondisi dari filter sudah sangat kotor maka sebaiknya diganti denngan yang baru.

Kotornya bagian-bagian dalam karburator Tidak teraturnya perawatan yang dilakukan pada karbu menyebabkan bagian-bagian dalam komponennya kotor, deposit kotoran yang terdapat didalamnya menyebabkan lapisan kerak dan akhirnya terjadi penyumbatan pada lubang-lubang bagian dalamya, aliran bensin yang masuk kedalam ruang bakar pun menjadi kotor. Hal yang harus dilakukan adalah segera dilakukan servis karburator.

Settingan karburator yang tidak tepat Terjadinya pembakaran yang sempurna dipengaruhi oleh tepatnya masukan antara bahan bakar dan udara didalam karbu yang selanjutnya dikabutkan dan disalurkan keruang bakar, hal ini menjadi harga mati apabila kita ingin mendapatkan performa mesin yang baik.
Pada karbu sudah terdapat settingan masukan antara bahan bakar dan udara, ini bisa kita adjust/setel dari baud adjuster yang terdapat pada bagian luar karbu tersebut akan terdapat dua baud pengaturan yaitu pengatur masukan bahan bakar dan pengatur masukan udara/angin.

Settingan klep yang tidak tepat Pemberian celah pada klep gunanya agar klep dapat membuka dan menutup dengan baik pada setiap keadaan suhu/temperatur mesin, pentingnya memperhatikan clearence celah katup ini dikarenakan adanya tingkat keausan yang terjadi pada bagian baud penyetel (rocker arm).
Penyebab yang ditimbulkan apabila :
Terlalu renggangnya celah → timing buka tutup antara intake dan exhaust  lebih cepat dari waktu yang seharusnya, juga menyebabkan suara berisik terdengar pada cylinder head, selain itu bisa mempercepat keausan pada bagian rocker arm. 
Terlalu sempitnya celah → timing buka tutup antara intake dan exhaust lebih lambat dari waktu yang seharusnya, akibatnya terjadi kerugian gas baru yang akan terbuang kesaluran exhaust, indikasinya mesin terasa bergetar dan pada saat putaran idle/langsam pun tidak stabil/normal. 
Tidak adanya celah → akibatnya klep tidak menutup sempurna dan kerugian bahan bakar, temperatur mesin menjadi panas diakibatkan oleh perambatan suhu dan klep-klep nya menjadi panas bahkan merambat kebagian karburator.Langkah penyetelan klep ini harus sesuai dengan prosedurnya, langkah penyetelan yang salah mengakibatkan kerusakan pada mesin. Kenali terlebih dahulu standar penyetelan yang diperlukan, karena setiap mesin mempunyai standar ketetapan yang berbeda-beda.

Kopling bermasalah Fungsi dari kopling sendiri adalah sebagai penghubung dan pengatur daya yang disalurkan dari mesin ke transmisi, selanjutnya transmisi yang mengubah kecepatan mesin sesuai yang diinginkan.
Penyebab hilangnya tenaga baik pada putaran tinggi maupun rendah salah satu penyebabnya yaitu kopling, terjadinya keausan pada kampas kopling atau kampas sudah tipis sehingga terjadi slip yang menyebabkan penyaluran daya mesin berkurang.Apabila dirasa kampas masih bagus, bisa kemungkinan dari pengaturan atau settingan dari kopling yang kurang atau tidak tepat.

Terimakasih, Semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar