index='x'>

Rabu, 24 Oktober 2018

Penyebab Indikator Lampu Timer AC Berkedip


Assalamualaikum...

Kali ini saya mau share mengenai salah satu troubleshoot  yang terjadi pada AC rumah yang tidak jarang terjadi dan kadang membuat kita kesal pada saat kita membutuhkan ruangan yang dingin akan tetapi AC tidak beroperasi secara normal atau bahkan unit samasekali tidak mau hidup.

Pada saat agan akan menghidupkan AC dengan remote, akan tetapi unit tidak mau merespon dan yang terlihat hanya berkedipnya lampu indikator timer, padahal sebelumnya kita tidak mengaktifkan fungsi timer pada remote, berarti ini telah terjadi sesuatu pada unit AC tersebut.
Informasi ini disampaikan oleh microprocessor pada modul indoor ditandai dengan berkedipnya indikator lampu timer ini adalah sebagai sinyal bahwa telah terjadinya error sehingga unit gagal mengeksekusi perintah.






Ada beberapa penyebab dari pesan error tersebut, dan beberapa temuan saya mengenai berkedipnya indikator timer ini disebabkan:


  • Masalah Sensor suhu (thermistor)
  • Masalah pada tekanan refrigerant (freon) 
  • Unit Bagian Luar AC (Outdoor Unit) Bermasalah
  • PCB Modul bermasalah



Sensor Suhu (Thermistor) Rusak

Peranan sensor suhu ini yaitu sebagai alat deteksi dari suhu yang terjadi secara aktual dan sebagai pengatur kerja kompesor, apabila pendinginan ruangan sudah terpenuhi maka secara otomatis mematikan kerja kompresor dan begitupun sebaliknya, apabila kebutuhan pendinginan belum mencapai suhu yang diinginkan maka sensor ini akan tetap memerintahkan kompresor untuk tetap hidup.
Rusaknya sensor suhu ini juga ditandai dengan berkedipnya indikator lampu timer, sebagai solusinya agan harus mengganti alat ini.



Tekanan Freon Kurang
 
Pada sistem unit AC ada beberapa brand yang pada produknya menerapkan indikasi apabila terjadi berkurangnya tekanan freon maka secara otomatis unit AC tidak akan berkerja.
Apabila secara kebetulan AC agan salah satu dari jenis produk tersebut, silahkan cek terlebih dahulu tekanan freonnya dengan manifold, apabila kurang maka cari tahu penyebab kebocorannya dan lakukan langkah perbaikan terhadap kebocoran ini dengan melalui langkah sesuai prosedur dan keselamatan kerja.



Unit Bagian Luar AC (Outdoor Unit) Bermasalah
 
Pada bagian unit outdoor terdapat kompresor dan juga terdapat komponen-komponen elektronik pedukungnya, seperti: overload, kapasitor, dan kabel-kabel penghubung antara komponen tersebut yang juga sering menjadi penyebab aktifnya secara tiba-tiba indikator lampu timer.
Langkah yang harus dilakukan yaitu pengecekan pada komponen-komponen outdoor unit ini, cek soket-soket terminal kabel, cek overload, dan cek juga kapasitor running. 
Rusaknya kompresor juga merupakan salah satu dari penyebab aktif berkedipnya indikator lampu timer.



PCB Modul Bermasalah
 
Berkedipnya indikator timer ini juga bisa disebabkan oleh terjadinya kerusakan komponen elektronik yang terdapat pada sirkuit modul itu sendiri, tidak jarang juga microprocessor mengalami kerusakan, penyebabnya bisa terjadi dari hubungan pendek arus listrik atau dari tegangan sumber PLN yang  cenderung tidak stabil pada suatu daerah tertentu.
Kerusakan dari sirkuit modul juga bisa diakibatkan oleh percikan air pada saat membersihkan evaporator, apabila modul ini tidak ditutup rapat dan tidak dilakukan dengan hati-hati mengakibatkan kerusakan.


Semoga apa yang saya sampaikan diatas mudah-mudahan bisa menjadi solusi dari masalah penyebab berkadipnya indikator timer pada ac split agan-agan dirumah.

Terimakasih telah berkunjung!

Wassalam,..



6 komentar:

  1. Setuju dengan pembahasan diatas... salah satu yang saya fokuskan adalah rusaknya kompresor AC. Bagian tersebut sangat penting dalam sistem pendinginan terutama AC. Maka dari itu, rawatlah kompresor dengan cara membersihkannya secara berkala.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup betul sekali gan..
      semua komponen pd ac mempunyai keterikatan antara satu dengan yg lainnya apabila satu komponen sj bermasalah, maka unit ga akan bekerja srcara normal

      Hapus
  2. makasih infonya, izin jadiin refrensi

    BalasHapus
  3. terima kasih info nya gan kebetulan lagi menangani kerusakan tersebut

    BalasHapus