index='x'>

Sabtu, 10 November 2018

Kerusakan Motor Fan Indoor Unit

Kerusakan Motor Fan Indoor Unit

Motor fan blower merupakan salahsatu bagian penting dari sebagian banyak komponen yang terdapat pada unit indoor yang mempunyai tugas menyalurkan udara dingin dengan hembusan, dimana udara dingin tersebut merupakan hasil dari evaporator dan dengan fan blower inilah yang mendistribusikan keseluruh ruangan sesuai yang dibutuhkan, sehingga siklus kerja unit akan terganggu jika terdapat trouble pada motor fan ini, maka tanpa peranan fan maka ruangan yang dingin sangat mustahil akan didapatkan.
Kali ini saya akan ulas pengalaman yang telah saya temui pada permasalahan bagian motor fan ini.Untuk mengetahui kesalahan atau kerusakan yang terjadi pada motor fan ini kita harus menganalisanya terlebih dahulu, karena kerusakan pada pada motor fan ini sering terjadi seiring dengan sudah lamanya usia perangkat AC dan banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan tidak berfungsinya atau bahkan rusaknya motor fan ini.
Apabila kita akan melakukan perbaikan pada motor kipas ini haruslah mematikan sumber input powernya terlebih dahulu, selanjutnya membongkar beberapa bagian yang menghalaginya terlebih dahulu, anda harus melepaskan soket-soket kabel penghubung sirkuit modul dari kedudukannya.

Kerusakan motor fan juga bisa terjadi dengan tidak berputar nya sama sekali kipas  indoor unit, motor fan blower ini terletak didalam dan berada dibelakang sirkuit modul.
Perhatikan pula posisi kabel-kabel penghubung atau soket-soketnya pada saat sebelum membongkarnya, sehingga pada saat pemasangan kembali tidak akan membingungkan kita.
Sebab kegagalan kerja motor fan indoor ini diakibatkan oleh beberapa penyebabnya, diantaranya yaitu:

  1.  Soket dan kabel
  2.  Bearing/laher 
  3.  Lilitan dinamo motor fan 

slawbatsur.blogspot.comslawbatsur.blogspot.com




Soket dan Kabel
Periksa terlebih dahulu kodisi soket-soket juga kabel khususnya jalur soket dan kabel dari sirkuit modul yang menuju motor fan, jika kabel terjadi kerusakan akibat tekukan atau kuncian soket yang longgar maka harus dipastikan terlebih dahulu ini tidak terjadi, karena bisa saja arus listrik yang dikirimkan dari sikuit modul tidak terkirim ke motor fan. Apabila terjadi rusak pada kabel, maka kita bisa melaukan penyambungan dengan kabel baru dengan memperhatikan kode warna kabel jangan sampai tertukar.


Bearing /Laher 
Kerusakan yang diakibatkan oleh bearing  memiliki ciri-ciri yaitu terdengarnya suara berisik dari bagian  kipas, suara yang terjadi ini diakibatkan oleh  sudah keringnya  gemuk/grease sebagai pelumas didalamnya. Apabila setelah membongkar dan memastikan bahwa bearing ini telah rusak, maka kita bisa menggantinya dengan bearing yang baru sesuai dengan  ukuran bearing sebelumnya.Pastikan jenis bearing yang diganti adalah bearing yang sama persis dengan tipe bearing bawaannya, bisa dilihat dari nomer kode bearing bawaan asalnya, karena pada motor fan AC memiliki putaran yang cepat sehingga membutuhkan jenis bearing khusus putaran ringan.

Lilitan dinamo motor fan 
Pada motor fan terdapat lilitan kawat email, kawat email ini dengan seiringnya waktu dapat mengalami kerusakan. Penyebab kerusakan pada kawat ini dapat diakibatkan oleh bearing yang telah macet sehingga menimbukan panas pada gulungan/kumparan pada kawat yang berakibat melelehnya lapisan email pada kawat dan berujung short, apabila telah terjadi short pada gulungan kawat ini sudah dipastikan motor fan rusak.

Sekiranya mungkin itu beberapa faktor penyebab dari kerusakan dari motor fan indoor unit pada AC yang dapat saya share, dan mudah-mudahan bisa menjadi solusi dari permasalahan yang terjadi pada pada unit AC anda.


Terimakasih telah berkunjung...




1 komentar: