index='x'>

Rabu, 16 Agustus 2017

Cara Ganti Oli Shock Breaker Depan Sepeda Motor

Cara memperbaiki shock breaker depan motor


Assalamualaikum..

Kali ini ane mau bahas bagaimana cara ganti oli pada shock breaker depan sepeda motor. Seperti kita ketahui bersama bahwa pada bagian sepeda motor kita mempunyai banyak komponen pendukung, salah satunya yaitu shock breaker.

Shock breaker atau peradam kejut ini fungsinya sebagai rebound (memantulkan) pada saat terjadi tekanan oleh beban kendaraan baik pada saat berada pada medan tidak rata, pada saat motor menikung, atau pada saat pengereman sehingga memberikan kenyamanan bagi pengendara.


Tapi bagaimana apabila fungsi shock breaker tersebut tidak maksimal sebagai mana mestinya?
Ya..tentu saja kenyamanan berkendara pun menjadi hilang, dengan demikian kita harus mengetahui penyebab dari masalahnya.
Ketika fungsi dari shock bermasalah, faktor penyebabnya yaitu kotoran debu dan air yang lolos masuk dari seal penahan debu dan air bagian atas sebagai penutupya, bisa saja ini dikarenakan karet seal tersebut sudah mengeras tidak elastis lagi sehingga kotoran mudah masuk, dan ini menyebabkan seal oli bagian dalamnya juga menjadi rusak karena debu kotoran jalanan tidak hanya debu pasir saja tetapi ada mengandung partikel logam, hal ini yang menyebabkan oli dalam tabung shock dengan mudah keluar ketika terjadi tekanan pada shock breaker. Selain merusak seal oli, kotoran ini juga.

Selain rusaknya seal oli, maka akibat dari gesekan antara seal dan as teleskopik pun menyebabkan terjadinya keausan pada as teleskopik itu sendiri, bisa kita lihat dari cacat akibat gesekan tersebut.
Apabila kebocoran seperti diatas terjadi maka langkah yang harus dilakukan yaitu mengganti as teleskopik, seal oli, dan juga seal penutup penahan debu dan air.



Langkah-langkah perbaikan shock breaker ini adalah:

  1. Buka slebor/spatbor.
  2. Longgarkan ke 2 buah baud tabung kiri dan kanan yaitu baud L pengunci antara as teleskopik dan tabung oli, letaknya dibagian ujung bawah tabung oli shock dan biasanya menggunakan kunci L 6, hanya longgar sedikit hanya terlepas dari kunciannya saja yaa..
  3. Lepaskan roda ban depan.
  4. Longgarkan baud-baud pengikat teleskopik pada bagian dudukan fork segitiga.
  5. Lepaskan kedua buah shock dari dudukan tersebut.
  6. Setelah terlepas, longgarkan dan lepaskan baud L pada no.2 diatas, maka oli tabung akan keluar.
  7. Lepaskan penutup as pipa teleskopik bagian atas (caranya ada dibawah)
  8. Keluarkan per/pegas.
  9. Lepaskan as pipa teleskopiknya beserta pipa berlubang dan per pegas didalamnya.
  10. Buang oli didalamnya.
  11. Bersihkan tabung oli sampai bersih.
  12. Setelah tabung bersih, maka ulangi langkah kebalikannya sampai semua bagian terpasang          kembali, kecuali pegas dan penutup as pipa teleskopik bagian atas dibiarkan tetap terbuka.
  13. Masukkan oli baru khusus shock breaker sesuai volume yang ditentukan, karena setiap jenis sepeda motor mempunyai volume berbeda-beda. Volume dari kedua tabung antara kiki dan kanan harus seimbang.
  14. Setelah oli terisi, masukkan pegas shock dan pasangkan penutup juga snap ring penguncinya.
  15. Pasangkan kembali shock breker pada dudukan segitiga dan kencangkan kembali.
  16. Selesai.

Apabila terjadi kerusakan pada seal oli atau as pipa teleskopik yang sudah baret atau terkikis aus, maka harus diganti terlebih dahulu sebelum melakukan penggantian oli, dan jangan lupa seal penutup kotoranan debu dan air sebaiknya diganti juga.

Cara melepaskan/mengeluarkan penutup as pipa teleskopik pada no.7 diatas, adalah sbb:
  • tekan kuat penutup sampai terlihat snap ring kawat didalamnya.
  • setelah terlihat snap ring tsb congkel snap ring tsb sampai bisa keluar (posisi penutup usahakan tetap masih ditekan).
  • setelah snap ring bisa lepas, keluarkan penutup dengan perlahan karena desakan per/pegas shock dari dalam sangat kuat.
* ada dibeberapa jenis shock breaker juga ada yang menggunakan penutup berulir, maka bisa      membukanya dengan kunci pas/ring atau ada juga yang menggukan kunci L, pada penutup jenis ini lebih mudah untuk membukanya.

Terimakasih..
Semoga bermanfaat !!

0 komentar:

Posting Komentar