index='x'>

Jumat, 12 Mei 2017

Cara Vakum AC Split Tanpa Menggunakan Mesin Vakum (Vacuum Body)


Cara vakum pipa AC tanpa menggunakan mesin vakum atau disebut juga dengan vakum body, langkah ini merupakan salah satu jalan keluar dan cara yang cukup ampuh ketika tidak adanya sarana alat vakum atau bisa juga kita lupa membawa alat ini atau bisa juga baru rencana mau beli...😁😁, atau penyebab lainnya.

Tapi tenang dulu... selalu ada cara untuk jalan keluarnya apabila mengalami keadaan tersebut karena bisa dilakukan dengan cara manual (tanpa alat vakum), dan ini sudah beberapa kali saya lakukan, namun hal ini tidak menjadi prosedur atau langkah kerja yang dianjurkan yaa.. tetapi langkah ini hanya dilakukan dalam keadaan atau kondisi sepeti contoh kasus seperti diatas, karena secara hasilnya akan lebih baik menggunakan mesin vakum.

Vakum body ini hanya bisa dilakukan pada kapasitas unit AC pada ukuran tertentu saja yaitu pada kapasitas ½ PK s/d 2 PK saja, tetapi apabila lebih dari 2 PK keatas tentunya cara ini tidak dianjurkan dan harus menggunakan alat vakum.

Sebelumnya harus dipastikan terlebih dahulu apakah kompressor tidak mengalami kebuntuan (mampet), check low pressure dan high pressure-nya. Apabila semua telah dipastikan baik maka pipa-pipa 2ways (high) dan 3ways (low) sudah bisa disambungkan.
Selanjutnya kita mulai langkah vakum body....






Langkah-langkah vakum body:



  • Pasang selang warna biru manifold pada pentil pengisian yaitu pada bagian 3ways, sambungkan selang warna kuning pada tabung freon dan pastikan kedua kran pada manifold gauge dalam keadaan tertutup rapat.
  • Buka penutup bagian  kran 2ways dan 3ways dengan menggunakan kunci inggris.
    Masukkan kunci L pada kran bagian pipa besar (low pressure) dan putar kekanan arah jarum jam sampai tertutup rapat, dan biarkan kran pada pipa kecil (high pressure) tetap terbuka.
  • Hidupkan unit AC beberapa saat sampai bagian outdoor ini bekerja (hidup) setelah mendapat suplay dari indoor.
  • Setelah Outdoor unit beroperasi, lepaskan selang warna biru pada bagian sambungan manifold gauge, maka angin/udara yang berada pada pipa akan keluar dari ujung selang warna biru dan tunggu sampai angin tidak keluar lagi (habis).
  • Setelah tidak ada angin yang keluar dari ujung selang warna biru, maka segera pasangkan kembali selang tersebut ke manifold gauge, lalu buka kran yang ditutup tadi denagn menggunakan kunci L putar kearah kiri (berlawanan arah jarum jam) sampai kran terbuka penuh.
     
  • Lanjutkan dengan pengisian freon, buka kran tabung freon tapi sebelumnya harus membuang terlebih dahulu angin pada selang yang terjebak yaitu dengan cara melonggarkan sedikit sambungan selang warna kuning pada manifold gauge sampai freon keluar dan segera kencangkan kembali, kemudian isi freon dengan memutar kran manifold gauge kearah kiri ambil memperhatikan jarum manifold untuk memastikan berapa freon yang masuk kedalam unit dan ini sebaiknya dilakukan secara bertahap dengan cara membuka dan menutup secara berulang, jangan sekaligus dalam waktu singkat supaya tidak merusak komponen kompressor. 
      Selesai.

Apabila apabila agan akan melakukan pemakuman dengan menggunakan mesin vakum, maka usahakan pemakuman sampai minus 30 psi (-30) yaitu dengan waktu pemakuman sekitar ±30 menit.
Perlu diketahui, apabila pada saat proses vakum tidak sempurna dan pada pipa masih terdapat udara maka ketika dimasukkan cairan freon sementara ada udara yang terjebak didalamnya maka pendinginan yang dihasilkan oleh unit AC tidak akan optimal, biasanya ketika dilakukan pengukuran tekanan maka jarum pada manifold akan bergerak turun-naik, dan sebaiknya apabila hal ini terjadi maka harus dilakukan pemakuman ulang.

Demikian langkah-langkah cara vakum body kompresor, mudah-mudahan tulisan ini bisa bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung..

Wassalam,

0 komentar:

Posting Komentar