index='x'>

Kamis, 13 Oktober 2016

Cara pump down ac split




Proses "pump down" ini istilah gampangnya.. adalah proses menyimpan freon pada outdoor unit. Ini dilakukan biasanya saat unit ac akan dipindahkan atau diganti tanpa harus membuang isi dari freon nya.Langkah ini sudah menjadi sebagian prosedur yang dilakukan ketika unit AC akan dibongkar atau dipindahkan tetapi dengan catatan bahwa unit AC baik indoor unit maupun outdoot unit masih bekerja dengan baik, tetapi apabila diantara salahsatunya ada kerusakan maka proses pump down ini tidak bisa dilakukan. 
Tp sebelumnya agan siapin dulu peralatan tempurnya maksudnya yang diperlukan seperti biasanya tukang ac bawa gitu..hehe
Diantaranya: kunci inggris, kunci L, obeng, manifold gauge (kalo punya atau bs pinjam ke tukang ac, ya...itupun kalo ngasih.. heu)


Langkah-langkahnya sbb: 
  1. Hidupkan ac split seperti biasa  
  2. Buka mur penutup twoway(high pressure) dan  threeway(low pressure) pada bagian outdoor unit dengan menggunakan kunci inggris, maka didalamnya akan kita jumpai baut berkepala kunci L, dimana baut tsb berfungsi untuk membuka/menutup saluran aliran freon dari outdoor unit menuju indoor unit dimana pipa sebagai media perantaranya, tugasnya tidak beda dengan fungsi kran air saja. 
  3. Pasang selang manifold warna biru pada pentil pengisian freon(pentil terletak pada threeway) dan pastikan kran manifold gauge pada posisi menutup rapat. 
  4. Putar searah jarum jam baut kran pada bagian twoway atau high pressure dengan menggunakan kunci L sampai posisi habis mentok kedalam artinya posisi kran tertutup. 
  5. Langkah selanjutnya.. Putar searah jarum jam baut kran pada bagian threeway atau low pressure. Pada tahap ini kita harus memutar baut kran dengan putaran yang tidak terlalu cepat, sambil memperhatikan jarum pada manifold gauge. Pada saat memutar kran se arah jarum jam dengan kunci L, maka perhatikan pula gerakan jarum manifold gauge akan turun, lalu ketika jarum bergerak menuju angka 0 psi segera putar mentok baut kran sampai posisi tertutup penuh. 
  6. Segera matikan indoor unit, dan proses pumpdown selesai.  
  7. Setelah proses pump down selesai, maka outdoor unit sudah aman untuk dilepas sambungan pipanya dengan memutar longgar mur nepel  sambungan dengan menggunakan kunci inggris.

 
Setelah melalui langkah-langkah diatas, maka kita telah melakukan sebagian dari banyak lagi teknik tentang pendingin AC split.  
Terimakasih sudah berkunjung,

Semoga bermanfaat !!

Wassalam..




5 komentar:

  1. Terimakasih infonya, sangat bermanfaat:) check this out

    BalasHapus
  2. Kl sdh di pump down, waktu pemasangan lagi perlu di vacuum gak gan...
    Kl iya outdoor aja atau keduanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg hrs divakum cm pipa installasi antara indoor ke outdoor nya sj.
      sambung terlebih dahulu pipa-pipanya baik pd bagian indoor maupun outdoor, dlm posisi kran kunci L nya (twoways maupun threeways) nya msh tertutup, lalu vakum deh pipa installasi nya..pake mesin vakum jg analizer manifold..
      beres vakum dan yakin tidak ada kebocoran trus agan bs bka kedua kran kunci L nya.
      makasih..

      Hapus
  3. MwSt)
    Caterpillar Bremsbelag 227-3652 für 906-908 H/H2/K/M
    BREMSSYSTEM

    BalasHapus