index='x'>

Minggu, 09 Desember 2018

Fungsi Kondensor AC

Kondensor (pengembun)
Kondensor bertugas untuk menguapkan refrigeran dengan jalan melepaskan kalor uap refrigeran tersebut disekelilingnya. Kondensor adalah alat untuk membuat kondensasi bahan pendingin dari kompresor dengan suhu tinggi dan tekanan tinggi. Bahan pendingin di dalam kondensor dapat mengeluarkan kalor yang diserap dari evaporator dan panas yang ditambahkan oleh kompresor.
Kondensor berfungsi untuk membuang kalor dan mengubah wujud bahan pendingin dari gas menjadi cair.
Kondensor diletakkan antara kompresor dan alat pengatur bahan pendingin, yaitu pada sisi tekanan tinggi dari sistem. Kondensor ditempatkan di luar ruangan yang sedang didinginkan agar dapat membuang panasnya ke luar kepada zat yang mendinginkannya.
Untuk memperbesar perpindahan kalor, maka pada konstruksi pipa-pipanya diberisirip-sirip (fins). Selain untuk memperluas permuakaan pipa, sirip-sirip ini juga untuk menambah kekuatan konstruksi dari kondensor.Seperti telah diterangkan bahwa refrigeran meninggalkan kompresor dalam bentuk uap yang bertekanan tinggi dan bersuhu tinggi pula. Uap ini harus dicairkan untuk dapat dicairkan lagi. Hal tersebut menjadi tugas kondensor.


Ada beberapa jenis kondensor menurut sistem pendinginannya:

Kondensor Pendinginan Air
Kondesor type ini terdiri dari suatu ruangan untuk menampung  gas refrigeran dari kompresor. Di dalamnya terdapat jalur-jalur pipa untuk pendinginan. Air dilairkan melewati pipa-pipa ini baik dari aliran air minum kota (PDAM) atau dari tempat-tempat lain. Air tidak boleh kotor atau mengandung larutan-larutan kimia yang bisa menyumbat dan merusak pipa-pipa tersebut.Uap refrigeran dimasukkan pada bagian atas dari ruangan ini. Tekanan dan suhunya tinggi oleh karena itu air uap ini mengembun dan ditampung untuk digunakan kembali.

Kondensor Pendinginan Udara
Pendinginan dilakukan oleh udara yang dilakukan pada susunan pipa-pipa yang mengalirkan uap refrigeran. Kapasitas dari pendinginan ini sangat tergantung pada suhu udara luar. Jika udara luarnya sangat panas, maka efisiensi pendinginannya berkurang.

Kondensor Penguapan Air
Pendinginan ini dilakukan oleh udara dan air. Air disemprotkan pada kondensor. Sedang udara dihembuskan dari bawah ke atas. Pada kondensor jenis ini dilengakapi dengan pompa air yang berfungsi untuk mensirkulasikan air dan kipas untuk mengalirkan udara.

Kondensor Pendinginan Udara dan Air
Bekerjanya sama dengan kondensor jenis penguapan air. Hanya saja disini air diatur oleh suatu klep dan hanya bekerja dengan adanya ketidakmampuan dari udara pendinginan untuk mencapai suhu pendinginan yang dikehendaki.Dengan kata lain, ketika udara sudah maksimal tidak bisa melakukan pendinginan, maka dengan secara sistemnya secara otomatis air akan membantu dalam proses eksekusi pendinginan.
Demikian beberapa hal mengenai kondensor yang terdapat di beberapa jenis AC, dan tentunya dalam perkembangannya akan ada banyak lagi sistem baru yang bisa diterapkan seiring kemajuan teknologi pendingin udara.
Semoga bermanfaat !!

1 komentar:

  1. Terimakasih untuk Sharing Artikelnya ya,
    Sekedar info bagi yang membutuhkan Tempat Sewa AC Murah bisa menghubungi kami ya.

    Kami dari Arthur Teknik,
    Info lebih lengkap tentang perusahaan kami bisa dilihat di sini : http://id.arthurteknik.com

    BalasHapus