index='x'>

Kamis, 02 Februari 2017

Fungsi dan Cara Kerja Thermostat


Fungsi dasar sebuah thermostat adalah untuk mengatur operasi pemanasan dan pendinginan peralatan AC. Ketika kita mengatur suhu yang diinginkan pada remote AC, maka termostat-lah yang barperan vital untuk mempertahankan suhu yang kita inginkan.

Sebuah thermostat pada dasarnya adalah sebagai saklar otomatis. Thermostat merupakan indra suhu komponen dari AC atau pemanas dan mengkontrol menghidupkan dan mematikan seperti yang diperlukan untuk menjaga temperatur.

Ada dua tipe dasar dari thermostat
1. Elektromekanis
2. Elektronik

Kedua jenis ini memiliki fungsi dan peranan yang sama tetapi bekerja dengan cara yang berbeda.
Selain dari dua tipe dasar tersebut, masih ada juga beberapa jenis pilihan lainnya.

Thermostat elektromekanis biasanya menggunakan koil bi-metal atau strip yang dapat bergerak memuai memperluas ketika ada perubahan suhu.
Pada strip bi-metal berbentuk tabung kaca yang sebagiannya diisi dengan air raksa, di bagian belakang di strip bi-metal, merkuri mengalir ke ujung tabung dimana terdapat dua kontak listrik yang terkena. Ketika merkuri kontak dengan aliran listrik, maka aliran tegangan rendah dibuat, Penggunaan merkuri dalam elemen thermostat elektromekanis karena faktanya bahwa merkuri bersifat konduktif, sehingga dapat bekerja seperti saklar/switch.

Thermostat elektronik bekerja dengan cara yang sama seperti model elektromekanis kecuali strip bi-metal dan merkuri tidak dipergunakan dalam jenis ini, sebagai gantinya yaitu menggunakan sensor untuk mendeteksi tingkat suhu. Ketika suhu berbeda dari suhu yang dipilih sebelumnya, maka thermostat secara elektronik bekerja mengirimkan perintah dari hasil deteksinya kepada modul sirkuit.

Dalam perkembangannya saat ini maka termostat dapat diprogram di mana temperatur yang berbeda dapat diatur untuk waktu tertentu dalam sehari atau setting mingguan, dan secara otomatis memungkinkan untuk mengatur termostat ke suhu disukai dan juga suhu berbeda untuk settingan jam atau hari ketika kita hendak pergi dan tidak perlu mendinginkan rumah untuk suhu yang diinginkan.

Fitur lain yang disebut anticipator panas digunakan untuk beberapa jenis peralatan pemanas yang terus menghasilkan panas bahkan setelah alat dimatikan.

Demikian penjelasan singkat mengenai thermostat dan prinsip cara bekerjanya, informasi mengenai perkembangan lainnya silahkan cari dari sumber-sumber lain untuk lebih menambah wawasan kita.
Terimakasih atas kunjungannya...

Wassallam..

0 komentar:

Posting Komentar