index='x'>

Selasa, 09 Juli 2019

Penyebab AC mobil tidak dingin

Perangkat pendingin AC dalam kendaraan merupakan salah satu bagian pelengkap penting dari mobil, penyebab ac mobil tidak dingin disebabkan oleh banyak kemungkinan, AC mobil yang pada peranannya seharusnya memberikan pelayanan sebagai penyejuk pada saat berkendara, maka performa dari unit AC mobil ini harus dalam keadaan baik, terlebih pada kondisi cuaca panas maka suhu dalam kabin mobilpun akan meningkat, atau ketika hujan lebat AC akan membantu menghilangkan pengembunan pada kaca depan mobil agan, maka sudah menjadi suatu syarat mutlak bahwa AC mobil agan harus menghasilkan pendinginan yang baik, nah bagaimana jika AC mobil agan tidak dingin?...pasti sudah bisa terbayang kan? 

Beberapa penyebab AC mobil tidak dingin selain dari perawatan yang tidak dilakukan secara periodik bisa juga dikarenakan perlakuan penggunaan yang kurang memperhatikan cara penggunaannya tidak benar. Faktor penyebab yang mempengaruhi AC menjadi dingin atau tidaknya diantaranya adalah kerja kompresor, kondensor, ekstra fan yang tidak maksimal, dan volume freon yang sudah berkurang atau bahkan habis.

Beberapa penyebab AC mobil tidak dingin yaitu diantaranya:
         
     Freon atau refrigeran kurang atau habis
Dalam unit pendingin jumlah volume freon harus sesuai dengan kebutuhan unit pendingin, apabila unit mengalami kebocoran pada installasi pipa maka freon sudah dipastikan berkurang atau bahkan habis samasekali. untuk pengecekan kebocoran pada saluran pipa ini bisa dilakukan dengan air busa sabun atau sejenisnya. Bagian yang paling rentan terjadinya kebocoran ini terutama pada bagian sambungan-sambungan nepel, bisa agan cek sambungan area kompresor dan sambungan pipa yang mengarah kedalam kabin. Apabila setelah melalui pengecekan benar terjadi kebocoran pada sambungan nepel ini, maka langkah selanjutnya agan bisa melakukan pengencangan dengan menggunakan dua buah kunci inggris atau kunci pas sesuai dengan ukurannya.

         Tekanan freon/refrigeran yang berlebihan
Apabila jumlah volume freon berlebihan, maka akan berdampak pada tekanan yang tinggi (overcharge), begitupun sebaliknya apabila pada saat pengisian freon kurang dari jumlah volume standarnya maka unit akan mengalami kekurangan tekanan (undercharge). Dari kedua keadaan ini baik itu over atau under maka akan menyebabkan unit gagal untuk menghasilkan pendingin. Untuk pengecekan ini dibutuhkan alat analiser manifold.

 Fan belt telah mulur atau putus
Kondisi belt yang telah mulur akibat sudah terjadinya keausan akibat dari gesekan dengan puli-puli akan menyebabkan transfer daya putar dari mesin terhadap kompresor tidak maksimal atau terjadinya slip menyebabkan banyak kehilangan putaran yang semestinya. Putusnya belt atau karet kipas akan menyebabkan penyaluran putaran mesin kepada kompresor terputus, hal ini menyebabkan kompresor tidak bekerja sehingga freon dalam unit tidak tersirkulasikan, hal ini akan menyebabkan tidak adanya pendinginan dalam kabin, maka yang terjadi unit hanya akan menghasilkan angin saja bahkan udara panas.
         
      Kondensor kotor
AC mobil tidak akan bekerja secara sempurna dalam pendinginan ruang kabin apabila bagian kondensor sangat kotor, hal ini akan menyebabkan pelepasan panas tidak maksimal. Sebaiknya kondensor secara periodik dilakukan pembersihan supaya unit tetap menghasilkan pendinginan yang baik.
         
      Filter evaporator kotor

Pada bagian dalam kabin terdapat unit indoor yaitu bagian evaporator yang dilengkapi dengan filter atau saringan debu. Kebersihan ruang kabin akan sangat berpengaruh juga terhadap pendinginan, apabila ruang kabin tidak bersih maka debu pada filter akan cepat menumpuk yang mengakibatkan aliran sirkulasi udara dalam kabin pun terhambat, evaporator juga akan cepat kotor.

 Kompresor Rusak
Sudah pasti AC tidak akan dingin apabila terjadi kerusakan pada komponen yang satu ini, sirkulasi freon dalam unit pun secara otomatis tidak terjadi. Kerusakan kompresor ini biasanya terjadi seiring sudah lamanya usia mobil, apabila ini terjadi maka harus dilakukan penggantian unit kompresor yang baru.







Dari beberapa poin diatas adalah penyebab dari terganggunya fungsi AC dari mobil agan, sehingga perawatan yang periodik sangat perlu terus dilakukan supaya AC pada kendaraan akan tetap menghasilkan pendinginan sesuai yang kita harapkan.


Terimakasih, semoga bermanfaat!!

0 komentar:

Posting Komentar