index='x'>

Minggu, 23 Desember 2018

Penyebab air menetes dari AC indoor

Selamat datang di https://slawbatsur.blogspot.com






Penyebab masalah yang sering terjadi pada unit ac yaitu keluarnya tetesan air dari unit indoor, tidak jarang kita dibuat repot karena air tetesan ini terus-menerus sampai membuat lantai ruangan basah dengan air tetesan ini, apalagi ketika suhu pada remote kita setting pada suhu rendah ya..makin deras aja tuh air..Kalo ini terjadi dan kita membiarkannya.ya..ga apa-apa sih, cuma repotnya sepanjang masa.!!..wkwk..Nah pastinya ini tetap harus kita tindak lanjuti dan cari tahu penyebabnya, kalo agan ga mau lap, baskom atau wadah sejenisnya ga keluar lagi..hehe
Air yang menetes keluar dari ac indoor sudah pasti merupakan air kondensasi hasil dari evaporator, dan ini merupakan keadaan yang normal, dan yang membuat tidak normalnya adalah fungsi drainase unit yang ga bagus atau ga lancarr jaya.Seharusnya air kondensasi akan ditampung dan langsung mengalir dibuang melalui lobang drain yang berada disisi kiri atau kanan unit menuju luar ruangan.
Ok..sekarang kita bahas pointnya..




Ketika insiden ini terjadi, beberapa penyebabnya yaitu:
  • Filter kotor
  • Evaporaor kotor
  • Tekanan freon kurang


Filter Kotor Kotornya filter yang disebabkan oleh debu yang menempel, karena terlalu lamanya tidak melakukan pencucian maka sebaiknya pencucian ini dilakukan setidaknya 3 bulan sekali.Apabila terjadi kerusakan fisik seperti sobek pada bagian jaring filternya sebaiknya dilakukan penggantian.
Evaporator kotor Kotoran debu yang menempel pada filter apabila debu di bagian filter sudah terlalu tebal maka akan terhisap oleh fan blower dan menempel pada evaporator sehingga menyebabkan lapisan flak pada kisi-kisi siripnya. Pada kondisi evaporator kotor juga sebagai penyebab penyerapan panas ruangan berkurang.Maka segera lakukan pencucian dengan jet cleaner, apabila flak ini sudah terlalu bandel, agan bisa menggunakan cairan aseton yang dikuaskan terlebih dahulu sebelum dilakukan penyemprotan dengan air.
Tekanan freon kurang Kurangnya tekanan freon juga menjadi pemicu terbentuknya es pada koil evaporator, ketika terdapat perbedaan suhu ruangan maka es akan mencair deras sehingga bak penampung tidak sanggup menahan pencairan ini dan akhirnya meluber.  Akan tetapi apabila keadaan evaporator normal dan tidak terdapat es, maka bisa dipastikan tekanan freon dalam keadaan normal.

Nah, dari 3 point diatas ini yang menyebabkan air kondensasi/pengembunan mengalir membawa kotoran debu yang terbawa turun pada bak penampungan menjadi kotor yang mengendap dan berlendir.Endapan yang berlendir ini tidak akan mengalir terbuang begitu saja, atau bahkan menyumbat pada lubang drain/pembuangan. Penyumbatan ini yang menyebabkan air meluber dan tumpah dan keluar dari swing indoor unit agan.





Langkah yang harus dilakukan yaitu:
  1. Membuka casing bagian depan indoor unit.
  2. Membuka bak penampungan, terdapat beberapa buah skrup pengunci baik sisi kiri atau kanan sebagai pengikat bak penampungan, ada beberapa jenis ac juga yang menggunakan kuncian soket tanpa skrup sebagai kunciannya.
  3. Lakukan cleaning sampai benar-benar bersih dan terbebas dari kotoran lendir.
  4. Bersihkan pula saluran lubang drainasenya dengan penyemprotan dan pastikan tidak ada penyumbatan pada aliran pipa buangan sampai akhir dimana pipa buangan berujung.
  5. Setelah semua bersih maka lakukan pemasangan kembali sesuai posisi kondisi normalnya.

Setelah semua langkah-langkah diatas dilakukan pasti AC agan kembali normal dan tidak akan ada lagi air menetes keluar.Untuk terhindar dari kasus diatas sebaiknya unit AC secara periodik dilakukan cleaning, karena apabila unit AC dibiarkan kotor maka hasil pendinginannya pun tidak optimal seperti yang diharapkan.


Mudah-mudahan ulasan diatas menjadi solusi masalah pada AC agan-agan dirumah.
Terimakasih kunjungannya!!



0 komentar:

Posting Komentar